Selasa, 13 Oktober 2009

Coelogyne Pandurata alias si Anggrek Hitam


Coelogyne Pandurata alias Anggrek Hitam merupakan salah satu anggrek langka yang di lindungi. Habitatnya tersebar di kepulauan Nusantara, khususnya di Kalimantan dan Sumatra.


Saya mendapatkan si cantik Coelogyne Pandurata saat sedang bertugas didaerah Batu Kajang Kalimantan Timur.


Disana ditemukan lapak-lapak penjual anggrek hitam ini dengan harga murah. Mereka menjualnya melalui media sabut kelapa dan juga media tanam yang berasal dari limbah serbuk gergaji.


Sayang, anggrek hitam yang saya miliki ini baru sempat berbunga 3 kali sejak saya bawa ke Bogor. Mungkin medianya yang kurang pas atau perawatan yang blom maksimal sehingga si cantik ini mogok berbunga.


Sekali berbunga akan memiliki sekitar 15 kuntum pada batangnya. Indah sekali. Sayang hanya bertahan 1 minggu saja. Namun demikian hal tersebut menjadi kepuasan tersendiri bagi saya. Susah payah dan jauh-jauh membawanya dari bumi borneo, akhirnya berkembang juga.


*********

2 komentar:

  1. Bapak yang satu ini memang spesialisnya di anggrek n tanaman unik (kantong semar, dll) tp kayaknya kmaren udah mulai ketularan hunting sansivera n adenium.... gara-gara lihat koleksi Pak Yosef, punyaku, mas Irwan n temen-temen yang ada di mess....
    Kita tunggu aja postingan koleksi adeniumnya yang kmaren baru aja dibeli.....

    BalasHapus
  2. Coba siram dengan air dingin pada siang hari pak... soalnnya jenis anggrek ini bisa berbunga jika ada perubahan suhu yang drastis

    BalasHapus