Kamis, 15 Oktober 2009

Kantong Semar (Nepenthes)


Suatu hari saat saya ditugaskan ke Kaltim tepatnya didaerah sangatta, mata saya tertuju ke pinggir jalan raya menuju tambang di daerah Gunung Bayan. "Stop..stop.." tiba-tiba mata saya menemukan benda yang saya cari. Ya, beberapa kantong semar terlihat menyembul diantara semak-semak. Umumnya berwarna hijau muda. Tersebar pula bibit2 tumbuhan masih muda yang berada disekitar tumbuhan dewasa. Rupanya hal tersebut berasal dari biji yang pecah dan bertunas. Itulah pengalaman pertama saya melihat tumbuhan kantong semar di alam kalimantan. Bagi saya, hal ini adalah pengalaman yang luarbiasa...


Berikut koleksi kantong semar yang berhasil saya dapatkan :


N. Hookeriana, N. Ampularia, N. Mirabilis, N. Gracilis, dsb...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar